mahkamah agung.jpg

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Yang Terjadi Pada Pengadilan Negeri Sakayu Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan atau Kejadian di Pengadilan Negeri Sakayu

Denda Tilang

Surat Keterangan

E-Court

Direktori Putusan

Info Perkara

Pengaduan

Sosialisasi PERMA Nomor 4 tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik

WA

Selasa tanggal 20 Oktober 2020 Pengadilan Negeri Sekayu melaksanakan Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) no. 4 tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik. Acara sosialisasi PERMA Nomor 4 tahun 2020 dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Hendra Halomoan, S.H., M.H. dengan pembicara materi Gerry Putra Suwardi, SH dan Moderator acara  Liga Saplendra Ginting, S.H.

 

Dengan meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Musi Banyuasi, mendorong Kantor Pengadilan Negeri Sekayu melaksanakan sosialisasi PERMA Nomor 4 tahun 2020 dengan cara online (teleconference) melalui aplikasi Zoom Meeting. Hal ini sebagai upaya untuk bisa segera mungkin memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dan juga melaksanakan protokol kesehatan.

Pada acara sosialisasi tersebut diikuti oleh Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlin Tangjaya dan jajarannya, JPU dari Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin, Perwakilan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Musi Banyuasin dan para advokat yang beracara di Pengadilan Negeri Sekayu.

 

Disampaikan bahwa PERMA Nomor 4 Tahun 2020 ini pada dasarnya sebagai payung hukum pelaksanaan sidang perkara pidana secara elektronik yang berlaku mengikat seluruh aparatur penegak hukum terkait. Namun yang perlu menjadi perhatian, PERMA Nomor 4 Tahun 2020 tidak hanya mengatur proses persidangannya saja, melainkan juga proses pelimpahan perkara maupun pengadministrasian perkaranya. Tentunya hal ini dilakukan untuk mengatasi keadaan tertentu yang membutuhkan penyelesaian perkara secara cepat dengan tetap menghormati Hak Asasi Manusia. Tidak dipungkiri selama masa pandemi covid-19 saat ini memang terdapat beberapa perbedaan dan kendala ketika melaksanakan sidang secara elektronik, dengan terbitnya PERMA Nomor 4 Tahun 2020 ini diharapkan terjadi keseragaman pemahaman mengenai kriteria dan prosedur pelaksanaannya.

 

 

Dokumen Terkait :

1. PERMA NOMOR 4 TAHUN 2020

2. SOSIALISASI PERMA NOMOR 4 TAHUN 2020